Tuesday, December 21, 2010

Indonesia vs Malaysia di Final Piala AFF (Partai Klasik Penuh Dendam Bertensi Tinggi)

Akhirnya Piala AFF (AFF Cup) udah nyampe partai puncak! (jangan tanya gue apa itu partai puncak, yang jelas bukan partai yang berbasis di puncak Tuzki Bunny Emoticon ). Dan di final, ada dua tim yang di luar dugaan bisa nyodok ke prestasi tertinggi di ajang bergengsi negara2 asia tenggara ini, kenapa gue bilang di luar dugaan, karena siapa pun yang menang, ini bakal jadi kemenangan pertama buat mereka! Tuzki Bunny Emoticon Yup, Final piala AFF tahun ini menurut gue adalah final terpanas selama penyelenggaraan kejuaraan ini. Ini partai klasik dendam kesumat antara dua musuh bebuyutan abadi... INDONESIA VS MALAYSIA!




Di luar kepentingan non-sepak bola yang selalu memanas antara hubungan kenegaraan Indonesia n Malaysia, gue cuma akan ngebahas preview pertandingan final yang paling seru itu di sini.




Menurut catatan gue (yang sampe sekarang ilang entah kemana), di piala AFF tahun ini sedikitnya ada 3 tim yang prestasinya meningkat drastis, yaitu Filipina, Malaysia, dan Indonesia! Untuk Indonesia sendiri sebenernya emang langganan masuk grand final AFF Cup, tapi khusus tahun ini, Indonesia sukses melaju sampe final dengan mengalahkan lawan2nya lewat skor yang meyakinkan (yakinlah, bahwa itu memang skor Tuzki Bunny Emoticon). Sedangkan Malaysia, mereka patut berbangga dengan kemajuan prestasinya yang tanpa me-naturalisasi satu pemain pun, tidak seperti Indonesia yang menaturalisasi 2 pemain, dan Filipina 9 pemain.

ROAD TO FINAL




























PENYISIHAN
Indonesia vs Malaysia 5-1 (0-1 N. Talaha 18', 1-1 M. Putra Omar 22'og, 2-1 C. Gonzáles 33', 3-1 M. Ridwan 52', 4-1 A. Suyono 76', 5-1 I. Bachdim 90')
Thailand vs Malaysia 0-0;Laos vs Indonesia 0-6 (0-1 F. Utina 28'pen, 0-2 M. Ridwan 34', 0-3 F. Utina 50', 0-4 I. Bachdim 62', 0-5 A. Suyono 76', 0-6 O. Maniani 81')
Malaysia vs Laos 5-1 (1-0 A. Yahyah 4', 1-1 L. Singto 8', 2-1 A. Yahyah 41', 3-1 M. Zainal 74', 4-1 N. Talaha 77', 5-1 M. Jasuli 90');Indonesia vs Thailand 2-1 (0-1 Suree Sukha 68', 1-1 B. Pamungkas 81'pen, 2-1 B. Pamungkas 88'pen)
SEMIFINAL
Malaysia vs Vietnam 2-0 (M. Mohd Sali 61', 80')Filipina vs Indonesia 0-1 (C. Gonzáles 31')
Vietnam vs Malaysia 0-0Indonesia vs Filipina 1-0 (C. Gonzáles 42')

Dari data2 diatas bisa dibilang diatas kertas (dibawah meja, di depan kamar, di belakang toilet, di... ah, sudahlah)  sebenernya Indonesia-lah yang bakal menang. Tapi sayang, seperti dibilang banyak orang, bola itu bulat dan ga terbuat dari kertas, jadi ga bisa dilihat di atas kertas (coba bayangin kalo bola itu kotak terbuat dari kertas, repot deh! MySpace ).

Kenapa gue bilang begitu, dilihat dari pencapaiannya sejauh ini, Malaysia baru bisa mengoleksi 8 gol dan kebobolan 6 gol, sedangkan Indonesia 15 kali ngegolin n baru 2 kali kebobolan. Ditambah lagi, Indonesia di partai perdana berhasil nggebuk Malaysia 5-1, dan mukul Thailand 2-1, sebuah negara yang cuma bisa ditahan imbang Malaysia 0-0.

Tapi ada satu catatan yang mesti diperatiin, 2 gol yang bersarang ke gawang Indonesia, adalah dari Malaysia dan Thailand, artinya ada kemungkinan Malaysia bakal ngebobol gawang Indonesia lagi di final nanti. Selanjutnya, tinggal gimana pemain Indonesia harus punya mental juara buat ngegolin lebih banyak dari Malaysia.MySpace

PRAKIRAAN PEMAIN





















































































































MALAYSIA Coach: K. Rajagobal INDONESIA Coach: Alfred Riedl (Austria)
STARTING LINE UP
Goalkeepers
22 KHAIRUL FAHMI BIN CHE MAT1 MARKUS HARISON RIHIHINA
Defenders
2 MOHD SABRE BIN MAT ABU2 MOHAMMAD NASUHA
4 MOHD ASRARUDDIN PUTRA BIN OMAR3 ZULKIFLI SYUKUR
24 MOHAMAD MUSLIM BIN AHMAD5 MAMAN ABDURAHMAN
27 MOHAMAD FADHLI BIN MOHD SHAS27 HAMKA HAMZAH
Midfielders
8 SAFIQ BIN RAHIM22 MUHAMMAD RIDWAN
12 AMAR BIN ROHIDAN15 FIRMAN UTINA
16 KUNANLAN SUBRAMANIAM10 OKTOVIANUS MANIANI
21 MOHD AMIRULHADI BIN ZAINAL19 AHMAD BUSTOMI
Forwards
9 NORSHAHRUL IDLAN BIN TALAHA9 CRISTIAN GONZALES
10 MOHD SAFEE BIN MOHD SALI17 IRFAN HAARYS BACHDIM
SUBSTITUTION
Goalkeepers
1 MOHD FARIZAL BIN MARLIAS12 FERI ROTIN SULU
Defenders
3 MOHD FAIZAL BIN MUHAMAD7 BENY WAHYUDI
11 MOHAMAD RAZMAN ROSLAN26 MUHAMMAD ROBY
18 MAHALLI BIN JASULI29 YESAYA NICKHANOR DESNAM
Midfielders
15 GURUSAMY GOVANDAR KANDASAMY14 ARIF SUYONO
19 MOHAMMAD FAIZAL BIN ABU BAKAR6 TONY SUCIPTO
26 MOHAMAD ASHARI BIN SAMSUDIN8 EKA RAMDANI
Forwards
20 IZZAQ FARIS BIN RAMLAN20 BAMBANG PAMUNGKAS
MOHAMAD SHARBINEE21 YONGKI ARI BOWO

Ada kecenderungan partai final kali ini bakal keras n cenderung kasar, ini karena emang kedua negara ini udah punya banyak masalah n dendam baik di dalem dunia sepak bola maupun di dunia dalam berita.

Ya, gue sih berharap aja supaya dendam yang bakal diselesain di sini cuma dendam abadi di cabang olahraga n bukan hal2 lainnya.

So, don't miss it.. Ayo kita dukung Timnas untuk jadi JUARA!Tuzki Bunny Emoticon

Nih jadwal pertandingannya :

  • Leg Pertama, Minggu - 26 Desember 2010, pukul 18:30 WIB di RCTI (Live from Std, Bukit Jalil, Kuala Lumpur)

  • Leg kedua, Rabu - 29 Desember 2010, pukul 17:30 WIB di RCTI (Live from Std, Gelora Bung Karno, Jakarta)


NB : Kalo loe pada mo nonton langsung di stadion Gelora Bung Karno alias GBK, harganya udah naek, untuk info lengkap kenaikan n prosedur pembeliannya bisa diliat di sini.

No comments:

Post a Comment