Sunday, July 24, 2011

Membasmi virus Win32/Slugin.A

Beberapa saat yang lalu jaringan komputer di sekolahan gue digempur virus yang cukup annoying. Sebenarnya sih virus ini baik2 aja, cuma justru antivirus-nya aja yang emang annoying (seperti kata kakek buyut gue, yang baik gak selalu baik, dan yang buruk gak selalu buruk, err.. nyambung gak sih?!).MySpace

Karena gue pake Avira Antivir Personal Guard, beberapa laptop pun mendadak teriak bareng2.. menandakan bahwa mereka terserang virus.. dan sialnya pas gue cek, ini virus nyerang file .exe, yang artinya kalo gue turutin maunya si Avira, maka file .exe ini bakal dihapus. Dan gue sama sekali ga liat opsi "heal", "sembuhkan", "obati", atau apapun yang semacam itu. Dan gue pun menyimpulkan untuk gak execute virus ini dengan Avira, karena, gila aje loe, bisa abis nanti file .exe gue dibabatin sama antivirus yang seharusnya ngelindungin. Ibarat pepatah "Superman kills the world"  (ada ga ya pepatah gitu?) MySpace

Setelah mencoba mengidentifikasi, ternyata virus yang nyerang gue itu namanya "Win32/Slugin.A" atau dengan beberapa Alias menurut beberapa antivirus:


  • Win32/Slugin.A (CA)
  • Trojan.Win32.Patched.dj (Kaspersky)
  • W32/Slugin-A (Sophos)
  • Win32/Slugin.A (AVG)
  • Win32.Slugin.A (BitDefender)
  • W32/Wplugin (McAfee)
  • W32/Wplugin.A (Panda)


Dari beberapa info yang gue dapet dari internet, ternyata virus ini emang harus dieksekusi dengan cara healing (menghapus virusnya) dan bukan deleting (menghapus file yang terinfeksi), karena kalo deleting, yang ada semua file aplikasi bisa hilang ditelan bumi. Sebab sebenernya virus ini adalah backdoor trojan horse yang membonceng di file2 aplikasi.

Sebenarnya ada beberapa cara alternatif untuk membasmi virus ini, salah satunya dengan cara mengupdate windows loe, kaya yang di-suggest di sini.

Tapi kalo loe pake windows yang KW Super, alias gak ori, coba untuk healing tuh virus dengan cara gue:
  1. Download anti Win32/Slugin.A di sini. Tenang aja loe gak bakal donlot database AVG yang berat dan besar itu, loe cuma akan dapet single virus removal yang namanya rmslugin.
  2. Abis proses donlot selesai, untuk sementara nonaktifin antivirus loe, gue nonaktifin Avira gue karena virus removal ini kedetect sebagai virus di Avira. Atau kalo mo lebih ajib, langsung aja restart komputer loe dan pindah ke Safe Mode, dengan cara terus mencet F8 waktu komputer loe booting. (pelan2, jangan sampe tombolnya lepas)
  3. Langsung execute file rmslugin - nya!
  4. Biarkan dia bekerja membasmi virus2 laknat itu!
  5. Kalo udah selesai, restart komputer anda.
  6. Ulangi lagi kalo kurang yakin.
Selamat mencoba! MySpace

14 comments:

  1. Thanks! maunya saya turutin Avira juga, delete aja lah Tapi.. welah, ga bs install apa2 dunk ini??

    sedang clean pakai removal yg disaranin di blog ini.

    Moga2 berhasil dah..

    ReplyDelete
  2. mantep pak mas bro........

    syukur nemu this blog....

    gak jadi kebasmi dah program ane

    ReplyDelete
  3. Saya juga baru tau nih virus ! soalnye baru berurusan ama ini barang. makasih ya informasinya. ijin sedot ya.
    paspatigame.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. oh begitu ya ???

    Dulu pernah pake AVG Free, tapi bukannya heal, eh malahan hilang semua file exe yang terkena virus, Avira juga begitu

    Jadi AVG Removal tool bisa ya heal file yg terserang virus ini ??? bukan hapus kan ???!!

    ReplyDelete
  5. thanks my bro, bejo nemu blog anda. Arigatou

    ReplyDelete
  6. bukan main hebatnya anda bro,,,,,,, thanks ya.

    ReplyDelete
  7. Thanks Mr. Go Blog

    ReplyDelete
  8. minta bantuannya dong agan2 yang udah berhasil T-T.
    gw udah ikutin langkah2 yg di kasih agan.
    begitu restart dan ane aktifin lagi antivirusnya ternyata masih nge-detek virus slugin.a nya lagi ya...

    ReplyDelete
  9. apa virus ini menyerang printer kok saya kalo ngeprin pake printer canon menjadi ukuran kecil sekali

    ReplyDelete
  10. thank's alot sir you are gud goblog guru hahahaha

    ReplyDelete