Thursday, June 23, 2011

Tips: Ngeprint Equation di Microsoft Word 2007

Di awal masa gue kerja sebagai guru yang berdedikasi dan dicintai banyak orang ini (baiklah itu random kendati cukup najis), MySpace gue sempat mengalami beberapa kesulitan dalam rangka pembuatan materi ajar n master soal2 Matematika SMP yang mau gue kasih ke murid2 tercinta.

Kesulitan itu terungkap pas gue menyelesaikan soal2 matematika yang cukup mematikan tentang aljabar, dan kawan2nya. Maklum lah, gue banyak make fungsi persamaan alias equation di lembar kerja Ms. Word 2007 yang gue pake buat bikin soal2 itu. misalnya kaya gini : MySpace

Sebelumnya, waktu gue masih make Ms. Word 2003, yang beginian ini bakalan langsung otomatis berubah jadi gambar alias image. Dan setelah itu gue berani jamin loe semua bakal manyun ngeliat penurunan kualitas resolusinya.. pecah abizz!Tuzki Bunny Emoticon

Masalah ini bisa terpecahkan kalo loe ngetik tuh equation pake Ms. Word 2007, secara di situ ada fungsi khusus equation tanpa harus kecewa karena persamaan yang kita bikin sekonyong2 berubah jadi gambar. Permasalahannya adalah, kalo equation ini loe ketik di satu page bareng sama gambar apapun, hasilnya, gue berani jamin ketika loe print, voila.. dengan ajaibnya, mereka semua, gambar n equation yang udah loe bikin menghilang semua secara misterius, walaupun waktu loe print preview keliatan.Tuzki Bunny Emoticon

Bingung? awalnya gue juga gitu.. bahkan gue pikir printer gue rusak.. sampe2 gue coba menggunakan cara Rusia (baca: memukul2kan printer itu ke kepala temen kerja gue) untuk membetulkannya. Tapi hasilnya, nggak sukses.. printernya masih belom bener, yang ada malah otak temen gue juga yang jadi ga bener!MySpace

Gue cari2 cara jitu supaya tuh equation bisa di-print dengan indahnya... dan akhirnya BERHASIL! Gue menemukan sebab musababnya kenapa bisa ada masalah aneh kayak gitu:

Jadi, ternyata.. equation di Ms. Word 2007 itu kebaca sebagai tulisan arab atau sejenisnya.. Gue juga gak tau asal usulnya, kenapa bisa begitu.. mungkin karena pencipta Aljabar itu Al-Kwarizmi yang asalnya dari arab sono.

Nah, cara mengatasinya gini nih:
  1. Click Start, n trus click Run
  2. Ketik intl.cpl, n trus click OK.
  3. Click Languages tab.
  4. Di bawah Supplemental language support, click buat milih Install files for complex script and right-to-left languages (including Thai) check box.
  5. Waktu loe nerima pesen ini, langsung aja di click OK
    "You chose to install the Arabic, Armenian, Georgian, Hebrew, Indic, Thai and Vietnamese language files. This will require 10 MB or more of available disk space. The files will be installed after you click OK or Apply on the Regional and Language Options dialog box."
  6. Click OK buat nutup Regional and Language Options dialog box. 
  7. Kalo ternyata tetep ada masalah karena file Ms. Word untuk bahasa2 aneh loe itu corrupt or mungkin juga missing.. loe bisa nginstall di sini (tenang aja, itu bukan jebakan betmen.. itu cuma copy-an dari file ftlx041e yang bisa bikin Ms. Word loe baca tulisan dari kanan ke kiri)
  8. Setelah loe download file zip nya, loe tinggal extract file dll nya trus langsung aja copy filenya itu trus paste ke C:\WINDOWS\system32\dllcache di komputer loe (iyalah masak ke komputer orang)
  9. Kalo belom sukses, ulang lagi dari step 1 sampe 5
SEMOGA SUKSES MySpace

5 comments:

  1. Lucu,
    masalahku sama,, makasih ya pak guru go b..

    ReplyDelete
  2. Analisa Masalahnya bagus.
    "Permasalahannya adalah, kalo equation ini loe ;ketik di satu page bareng sama gambar apapun;, hasilnya, gue berani jamin ketika loe print, voila.. dengan ajaibnya, mereka semua, gambar n equation yang udah loe bikin menghilang semua secara misterius, walaupun waktu loe print preview keliatan"
    Solusinya Gampang ja bro?!!
    itu gambar di cut trus di copy lagi dengan format yang lain. misal png, jpg dan temen - temennya. kekekek.
    selamat men cuba.................

    ReplyDelete