Wednesday, December 8, 2010

Indonesia dan Dunia Gerah karena Wikileaks

Awalnya gue bener2 ragu mo posting soal ini. Cuz gue ngerasa masalah ini sangatlah sengsitif, sesengsitif pantat bayi badak yang lahir prematur lewat cesar di bagian punggung emaknya! Tapi setelah gue timbang2, baik pake timbangan analog maupun digital, akhirnya gue pun membulatkan tekad gue sebulat badan Pretty Asmara dan memberanikan diri untuk nulis soal ini.Tuzki Bunny Emoticon

Mungkin beberapa dari loe masih ada yang belum tau soal Wikileaks, sedikit gue kasih gambaran nih :

Wikileaks, Web site yang membongkar banyak dokumen2 rahasia di dunia




WikiLeaks tu organisasi internasional penyedia informasi online alias website yang bermarkas di Swedia. Situs Wikileaks nerbitin dokumen2 rahasia sambil menjaga kerahasiaan sumber2nya. Situs itu diluncurin tahun 2006. Pendirinya adalah pembangkang politik Cina, dan juga jurnalis, matematikawan, dan teknolog dari Amerika Serikat, Taiwan, Eropa, Australia, dan Afrika Selatan.

Saat ini Direktur Wikileaks adalah Julian Assange, seorang jurnalis dan aktivis internet Australia yang hidupnya nomaden karena menghindari tangkapan interpol, tapi sayangnya beberapa hari lalu dia ditangkep di Inggris n siap2 untuk dijebloskan dengan tuduhan yang terkesan mengada2 dan sama sekali gak nyambung sama Wikileaks.Tuzki Bunny Emoticon Berita lengkapnya bisa dibaca di sini.

Julian Assange, Direktur Wikileaks yang ditangkep di London.


Senasib sama Julian yang harus hidup nomaden alias pindah2 gak jelas, web site Wikileaks juga bener2 harus gerilya pindah2 dari satu domain ke domain laen, bahkan beberapa versi Wikileaks udah berhasil diblok di beberapa negara seperti China, de el el. Tapi emang dasarnya orang2 dablek, semakin ditahan, semakin membuncah keinginan mereka untuk menguak rahasia! (tsah bahasa gue)MySpace

Wikileaks awalnya beralamat di www.wikileaks.org, tapi trus mereka sempet mengembara juga di www.cablegate.wikileaks.org, tapi secara beberapa alamat itu diblok di beberapa daerah, akhirnya mereka pun bergerilya di beberapa mirror dan domain. Kalo loe pensaran, loe bisa cek di sini ada lebih dari 100 website yang mirror or forwarding k Wikileaks. Semakin terlihat bahwa orang2 gila ini emang gila dalam mengungkap informasi rahasia yang otentik buat masyarakat dunia!

Kalo loe penasaran apa sih isinya, jadi.. Wikileaks ini udah membuka secara publik dan tanpa batas rahasia lagi banyak banget dokumen dan arsip termasuk foto2 dan video yang selama ini jadi rahasia negara2 di dunia. Mulai dari affair, jaringan diplomatik, sampe bahkan dokumentasi perang yang gak pernah dipublikasiin di media manapun.


Grafik ini nunjukin jumlah dokumen bocoran dari US Embassy di beberapa negara, paling banyak dari Pusat (AS), dari Ankara (Turki) dan Baghdad (Iraq)

Inilah yang bikin gerah banyak pihak termasuk negara2 yang terkait dalam dokumen2 n arsip2 yang bocor itu! Banyak banget isu2 sensitif yang selama ini dirahasiakan, tiba2 dibuka secara blak2an di sini. Contohnya : "Perkiraan bahwa rezim di Korut akan runtuh dalam tiga tahun setelah kematian Kim Jong Il, dan China akan mengakui Korea Selatan (Korsel) sebagai pemerintah tunggal Korea bersatu" atau yang lebih berhubungan langsung sama Indonesia, nih die listnya :
  • Masalah Timor Timur - CRS Report RS20332 East Timor Crisis: US Policy and Options 5 November 1999
  • Pemerintahan Bill Clinton menekan RI agar menerima kehadiran pasukan perdamaian internasional di Timor Timur usai jajak pendapat 1999.
  • Menghentikan kerja sama militer AS dan Indonesia dan mengancam sanksi lebih keras bila tak mau bekerja sama, mengendalikan milisi, dan memulangkan 200 ribu pengungsi Timor Timur.
  • Mendukung keputusan IMF dan Bank Dunia menghentikan bantuan mereka untuk Indonesia.
  • Bantuan yang dihapus untuk tahun 2000 antara lain bantuan ekonomi 75 juta dolar AS, Economic Support Funds 5 juta dolar AS dan IMET 400 ribu dolar
  • Tentang Pemilu 2004 - CRS Report RS21874 Analyst in Southeast and South Asian Affairs 20 Mei 2005
  • SBY disebut the thinking general
  • Bila Wiranto jadi presiden, hubungan RI dan AS akan sangat rumit karena Kongres AS menaruh perhatian besar pada isu pelanggaran HAM di Timor Timur.
  • Suksesnya Pemilu 2004 meneguhkan dominasi partai sekuler, yaitu Golkar, PDIP, dan Partai Demokrat.
  • Pelatihan Kopassus
  • Dokumen Joint Combined Exchange Training (JCET) and Human Rights Background and Issues for Congress 26 Januari 1999
  • Sejak 1992, Kongres AS memutus program Pelatihan dan Pendidikan Militer In ternasional (IMET) untuk Indonesia setelah tragedi Santa Cruz.
  • Namun, di bawah program JCET Dephan yang di setujui oleh Deplu, pasukan Baret Hijau AS melatih 60 anggota pasukan khusus TNI di Indonesia yang sebagian besar Kopassus. JCET berdalih pelatihan murni militer meskipun kurikulum latihan perang kota berjudul ‘crowd control’.
  • April 1998, anggota Kongres AS menyurati Menteri Pertahanan Cohen Evans yang menyebut program JCET mengakali larangan Kongres. JCET dihentikan 8 Mei 1998.
  • Menlu AS Hillary Clinton meminta perwakilan AS untuk memata-matai di Kantor PBB, New York, AS. Jumat, 31 Juli 2009 dengan kode referensi STATE 048489. Hillary meminta data biografi dan biometrik pada diplomat berbagai negara yang berada di PBB termasuk Indonesia. Hal ini mulai dari Dewan Keamanan sampai wakil tetap untuk PBB.
  • Bahkan disebut2 ada kawat terkait terorisme yang dikeluarkan 4 hari sebelum peristiwa bom di Hotel JW Marriott pada 17 Juli 2009 lalu, yang artinya AS tahu akan adanya ancaman bom sebelum kejadian itu.

Sebenarnya masih banyak bocoran dokumen diplomatik AS yang dibocorkan secara bertahap di website ini. Tapi belum semuanya dibocorin aja gerah n panasnya udah melebihi panasnya pantat ayam yang abis nelor 15 sekali mbrojol (suerrr, itu random banget, gue sebenernya gak tau seberapa panaskah itu?!)MySpace

Sejauh ini Wikileaks ngeklaim punya 15, 652 dokumen rahasia, 101,748 dokumen sangat rahasia, dan 133,887 dokumen yang gak keklasifikasi. Semua itu bakal dibocorin bertahap. Mungkin tujuannya supaya info2nya tetep hot terus sehot goyangan Uut Permatasari di panggung pinggir kali (eh, itu Kristina ya?! hehehe)

Oya, satu lagi yang bikin gue takjub.. Website ini juga nyediain torrent berisi semua arsip yang udah dibocorin yang bisa loe donlot dengan mudahnya! bener2 Gokiiilllll!!!MySpace

1 comment:

  1. [...] situs wikileaks yang pernah gue bahas di blog ini, atau tepatnya di sini, kan emang lagi heboh n menggemparkan dunia dengan bocoran2nya nih. Nah barusan, gue baca artikel [...]

    ReplyDelete