Sunday, October 21, 2012

Anak Gaul Versi Kita Sendiri

Jaman sekarang banyak orang2 yang menamakan diri mereka anak gaul. Gue juga gak tau sebenarnya apa sih patokan dunia nyebut seseorang itu gaul apa nggak, atau bagaimana seseorang bisa dibilang gaul, sedangkan yang lain dibilang cupu... MySpace

Contoh simpelnya gini deh, kalo dulu waktu jaman gue SD sih orang yang pake kacamata dengan frame segede kusen pintu dan kacanya yang segede kaca nako itu dibilang anak cupu dan sama sekali ga ngerti modis. Tapi sekarang coba loe jalan2 ke mall n perhatiin anak2 remaja yang nyebut dirinya gaul. Dandanan mereka ga ada bedanya sama anak2 cupu jaman gue masih seneng minum es orson waktu SD dulu. T-shirt ketat dimasukin ke celana pendek (iyalah, kalo dimasukkinnya ke lemari, dia pake apa?), sepatu flat, seflat idungnya, dan yang aneh adalah kacamata dengan ukuran 36 B(mungkin lebih mirip dibilang kaca muka) yang dengan ajaibnya menggelayut di idung unyu-nya itu. Frame kacamatanya bener2 tebel, setebel kusen pintu gerbang Forbidden City  n kacanya setebel kaca kapal selam Jerman yang bulletproof n ga mempan ditembak misil Uni Sovyet.



Dari situ gue mengambil kesimpulan bahwa sebenernya gaul adalah sebuah persepsi subyektif yang siapapun bisa bikin dan klaim seenak jidat tetangganya. Artinya, gue bisa mengartikan gaul versi gue, dan mungkin itu bakal beda sama gaul versi tetangga gue yang nota bene paling senior di situ (mungkin lebih gampang kita sebut dia Neli, nenek2 lincah), dan pastinya bakal beda juga sama adek gue yang seringkali merumuskan teori2 ajaib yang ga pernah dipikirin sama ahli manapun. Yap, siapa pun bisa berteori dan merumuskan arti gaul bagi mereka, dan artinya, siapapun bisa mengklaim bahwa mereka adalah anak gaul dengan definisi yang mereka punya masing2.. *benerin kacamata* (biar keliatan cerdas, daripada benerin beha biar ga keliatan isinya, ups!)

Speaking about gaul, adek gue yang ajaib itu pun beberapa waktu lalu memberikan teori yang (lagi2) menggemparkan dunia perumusan teori nasional (disingkat Dupretnas). Kejadian ajaib itu berlangsung waktu gue dan keluarga gue lagi ngumpul di ruang tamu bareng (karena kalo kita ngumpulnya di WC sangat gak nyaman n basah2 gimana gitu). Nah, tiba2 dia nyeletuk dengan bangganya ke arah gue memberikan berita yang membuat gue agak shock dan bergidik, "Mas, sekarang gue anak gaul doonk!"

Omg! Gue bener2 kaget mendengar kabar itu, sama kagetnya pas gue denger kabar anjing tetangga gue diopname gara2 panu di telapak kakinya... shocking! Tapi sebagai kakak yang baik gue berusaha tenang dan menimpali, "weits... keren donk.. Kok bisa?!" Kalo dua kata yang terakhir itu gue ajukan bukan basa-basi, tapi emang gue bener2 mau tahu motivasi n alasan dia bikin statement menggemparkan itu, apakah layak untuk didiskusikan dan dibawa menjadi topik sarasehan anak gaul nasional (disingkat Sarangnas).

Jawaban yang gue harapkan bisa mencerahkan gue ternyata malah bikin gue bingung setengah mateng. "Iya, gue sekarang anak gaul, soalnya gue sekarang temennya Euis."

Hening... MySpace

Serius otak gue yang cukup cerdas dengan level kejeniusan setingkat hidra ini pun berusaha mencerna apa yang dimaksud adek gue tadi. Sel2 otak gue bergandengan tangan di atas jembatan farol otak gue mencoba mengorelasikan persepsi otak kanan dan otak kiri gue, mencoba nyari cause-effect dari kalimat tersebut. Tapi sialnya, gagal! Dan justru sesaat itu gue merasa lebih bodoh dari seonggok bayam yang udah mau disayur bening. Oh, tidaaaaak! *lebay tingkat kabupaten* MySpace

Okay, gue berusaha menarik nafas dan mengakui kegagalpahaman gue ke adek gue yang ternyata lebih hebat dalam berteori. "kok bisa gitu ya?!" dan sopannya adek gue pun keluar dengan timpalannya yang fenomenal, "ah, bege banget dia mah, gitu aja gak ngerti!"

Belakangan gue baru paham ternyata emang adek gue seorang filsuf subyektivitas sejati yang selalu berhasil merumuskan kebenaran atas namanya tanpa harus peduli apakah itu dimengerti orang atau nggak! Ternyata, yang namanya Euis itu adalah temen di SMIP barunya, yang dia juga sebenarnya baru kenal selama 2 minggu. Tapi doktrin Euis itu terlalu berhasil menyumbat aliran darah ke otak adek gue dan mem-brainwash-nya sampe2 dia beranggapan Euis yang merasa dirinya paling gaul se-Karawang adalah juga anak paling gaul se-Endonesa, dengan quote andalannya, "Terus urang teh kudu ngomong U..WOW kitu tepi ngadeblag?!"

MySpace

Serius.. Begitu gue denger penjelasan itu, gue ngakak abis. Besoknya gue cerita ke temen2 guru gue dan mereka pun ngakak ga berenti2. Nah, di moment itu gue dapet pencerahan lagi, waktu temen gue meyakinkan gue bahwa gue pun sebenarnya adalah anak gaul karena gue adalah temennya Tuti. Tuti adalah cewek tergaul di kantor gue. Kenapa tergaul? Gue punya definisi sendiri dan loe pun begitu. Gue pun langsung angkat telpon gue dan nelpon adek gue, "Heh, gue juga anak gaul donk sekarang, soalnya gue temennya Tuti!"

Dan.. Hening ... MySpace

1 comment:

  1. setujuuuuu.
    kepala sekolah, ms. tuti...
    wali kelas, ms. tuti...
    guru pelajaran, ms. tuti...
    bagian administrasi, ms. tuti...
    kepala yayasan, ms. tuti...
    penting banget gaul ama ms. tuti

    ReplyDelete